Sleman (MTsN 9 Sleman)- Siti Juwariyah selaku Kepala MTsN 9 Sleman menghadiri acara pembinaan yang dilanjutkan dengan penyampaian materi pelayanan prima dari Bank Syariah Indonesia (BSI). Acara ini berlangsung pada hari Kamis (12/9/2024) di Aula Lantai 3 Kemenag Sleman. Seluruh kepala madrasah negeri dan kepala KUA se-Kabupaten Sleman hadir dalam acara ini. Dalam acara pembinaan ini, para peserta dibekali wawasan terkait pentingnya mindset pelayanan dalam mewujudkan kepuasan masyarakat.
Materi pertama yang disampaikan adalah “Service Mindset,” yang menekankan bahwa pelayanan bukan hanya sekadar pekerjaan, tetapi sebuah komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi pengguna layanan. Selain itu, BSI memperkenalkan tiga konsep dasar pelayanan (3M) yaitu: Membantu dan menolong pengguna layanan, memenuhi kebutuhan pengguna layanan, dan melampaui harapan pengguna layanan. Materi tersebut menekankan bahwa pelayanan tidak hanya tentang menyelesaikan tugas, tetapi juga tentang mentransfer kebahagiaan kepada orang lain melalui interaksi yang positif dan memuaskan.
Dalam penutup acara, disampaikan bahwa pentingnya menjaga emosi dalam melayani. Terutama mengingat Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) menjadi tolak ukur keberhasilan pelayanan. “IKM mengingatkan kita untuk tidak bisa marah pada pelanggan, apapun situasinya, karena pelayanan adalah bentuk tanggung jawab profesional,” jelas pemateri dari BSI. Dengan pemahaman yang mendalam tentang pelayanan prima, diharapkan MTsN 9 Sleman dapat terus meningkatkan kualitas layanannya sesuai dengan harapan masyarakat. (EL/TN)