VISI MISI MTsN 9 SLEMAN

VISI SATUAN PENDIDIKAN

MTsN 9 Sleman memiliki visi: Terwujudnya insan religius moderat, berilmu, berteknologi, ramah anak, mendukung keragaman, berwawasan lingkungan, dan berdaya saing global.

Indikator Visi MTsN 9 Sleman:

  • Terimplementasikannya  ajaran Islam yang mencerminkan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari;
  • Tercapainya prestasi madrasah dalam bidang keagamaan, akademik, dan nonakademik di tingkat nasional, regional, dan internasional;
  • Terimplementasikannya  digitalisasi madrasah;
  • Mengembangkan penelitian sosial humaniora, sains, dan teknologi;
  • Terwujudnya lingkungan madrasah yang memberikan rasa aman, nyaman, dan mendukung perkembangan peserta didik secara optimal;
  • Terwujudnya pembelajaran berdiferensiasi;
  • Peduli terhadap sesama dan lingkungan hidup.

MISI SATUAN PENDIDIKAN

Demi terwujudnya visi tersebut, MTsN 9 Sleman melaksanakan misinya sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dan pembiasaan dengan mengembangkan nilai budaya islami yang moderat;
  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang dapat mengembangkan prestasi madrasah dalam bidang IMTAQ dan IPTEK sehingga memiliki daya saing global;
  • Mengimplementasikan digitalisasi dalam proses pembelajaran dan manajemen madrasah;
  • Meningkatkan kualitas penelitian dalam bidang sosial humaniora, sains, dan teknologi untuk mencetak peserta didik yang unggul dan inovatif;
  • Menyediakan fasilitas dan atmosfer madrasah yang memberikan rasa aman serta nyaman, sehingga peserta didik dapat berkembang secara maksimal;
  • Menyediakan pembelajaran yang variatif guna mendukung perkembangan optimal setiap siswa sesuai dengan bakat dan minatnya;
  • Mendorong siswa untuk terlibat dalam kegiatan kemanusiaan dan aksi peduli lingkungan sebagai bagian dari pembelajaran karakter.

TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN

Mengacu pada visi dan misi madrasah serta tujuan umum pendidikan menengah, maka tujuan MTsN 9 Sleman dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut:

Tujuan Jangka Panjang (2024-2028)

  • Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia dalam hal tertib beribadah, 5S (Senyum, Saps, Salam, Santun, dan Sopan), serta empati.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi sesuai minat dan bakat yang dimiliki.
  • Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, kreatif, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakarnya.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan, dan literasi finansial).
  • Terciptanya karakter toleransi melalui pengalaman lintas budaya dalam pembelajaran.

Tujuan Jangka Menengah (2024-2026)

  • Tercapainya prestasi sesuai minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan kompetisi.
  • Berkembangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi, Critical Thinking, Collaboration, Creativity, Communication (4C), kemampuan literasi dasar melalui kegiatan intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin (P5RA), ekstrakurikuler , dan pembiasaan yang direncanakan dan dievaluasi secara berkala.

Tujuan Jangka Pendek  (2024-2025)

  • Terwujudnya peserta didik yang berakhlak mulia melalui pelaksanaan budaya tertib beribadah, berdoa, dan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Santun, dan Sopan).
  • Terselenggaranya kegiatan pendidikan yang dapat mengembangkan prestasi madrasah dalam bidang IMTAQ dan IPTEK sehingga memiliki daya saing global.
  • Meningkatnya kemampuan peserta didik dalam mengoperasikan perangkat komputer untuk mendukung pembelajaran dan asesmen.
  • Terpenuhinya hak anak melalui pembelajaran serta iklim dan budaya sekolah yang ramah anak.
  • Terpenuhinya kebutuhan belajar yang sesuai bagi setiap peserta didik melalui asesmen dan pembelajaran berdiferensiasi.
  • Tumbuhnya sikap empati melalui kegiatan kemanusiaan dan aksi peduli lingkungan sebagai bagian dari pembelajaran karakter (infaq dan persembahan).
  • Berkembangnya karakter berwawasan lingkungan.