45 Siswa MTsN 9 Sleman Sukses Ikuti Kegiatan Dianpinru

Sleman (MTsN 9 Sleman)- Kegiatan pramuka merupakan bagian dari pendidikan yang penting dalam upaya membentuk kemandirian dan karakter, yang dalam pelaksanaannya harus mampu memberikan materi pengetahuan dan keterampilan kepramukaan agar dikuasai siswa. Oleh karena itu, MTsN 9 Sleman mengadakan kegiatan Gladian Dewan Penggalang dan Pimpinan Regu (Dianpinru). Kegiatan ini diikuti pimpinan regu pramuka kelas VII yang berjumlah 30 siswa dan  dewan penggalang sebanyak 15 siswa dari kelas VIII. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni Rabu dan Kamis (22-23/11/2023) bertempat di ruang Ketrampilan MTsN 9 Sleman. Dalam kegiatan ini siswa diberikan materi teori seperti kepanduan dan juga diberikan materi praktik/keterampilan mulai dari dasar baris-berbaris, penejelajahan serta simpul dan ikatan.

Kegiatan dibuka oleh Hadlirin selaku Kepala MTsN 9 Sleman. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa pramuka sebagai sarana untuk membentuk sikap kemandirian dan pembentukan karakter maka harus diikuti dengan sungguh-sungguh. “Seluruh peserta baik Dewan Penggalang maupun Pemimpin Regu harus memperhatikan semua materi yang disampaikan oleh Kakak Pembina dengan sungguh-sungguh, karena suatu saat nanti kalian harus mampu mempraktikkan semua materi yang telah kalian terima lewat kegiatan kemah yang telah menjadi agenda madrasah. Bersyukurlah karena dari sekian banyak siswa kelas VII kalian yang terpilih untuk menjadi Pemimpin Regu, berikan teladan ynag baik untuk anggota regu kalian,” ujar Hadlirin.

Setelah pembukaan selesai acara Dianpinru dilanjutkan dengan pemberian materi baris berbaris  oleh Kakak Pembina Pramuka MTsN 9 Sleman, materi TUB oleh Kak Frengky, Sejarah Pramuka oleh Kak Adinda, Kepemimpinan dan Struktur Organisasi oleh Kak Alif. Kegiatan hari pertama diakhiri dengan serangkaian games dinamika kelompok yang sangat seru. Seluruh peserta menunjukkan semangat dan kekompakan. Selanjutnya pada hari kedua seluruh peserta menerima materi  Peta dan Kompas yang disampaikan oleh Kak Adinda, SKU dan SKK oleh Kak Alif, Simpul dan Ikatan oleh Kak Frengky kemudian kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan yang dihadiri oleh ibu Herni Sudartiningsih selaku Penanggungjawab Ekstrakurikuler Pramuka. (TN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *