Kegiatan SUPAK Guru Bahasa Arab MTsN 9 Sleman Berlangsung Lancar dan Interaktif

Sleman (MTsN 9 Sleman) – MTsN 9 Sleman melaksanakan kegiatan Supervisi Akademik (SUPAK) pada Selasa (23/9/2025) bertempat di kelas VIIA. Kegiatan dimulai pukul 07.00 hingga 09.00 WIB dengan Citra Resmi sebagai guru Bahasa Arab yang disupervisi dan Herni Sudartiningsih yang bertindak sebagai asesor.

Dalam kegiatan SUPAK ini, Citra Resmi menyajikan pembelajaran Bahasa Arab dengan materi Fasilitas Sekolah. Proses pembelajaran berlangsung menarik dengan variasi metode yang digunakan. Peserta didik diajak untuk membaca teks, melakukan diskusi kelompok, mengikuti games kelompok, hingga menyelesaikan penilaian individu melalui aplikasi ZEP Quiz. Selain itu Citra juga mencoba untuk menerapkan Kurikulum Berbasis Cinta dan Pembelajaran Mendalam.

Suasana kelas tampak hidup dan penuh antusiasme. Siswa aktif berpartisipasi dalam setiap tahapan pembelajaran, baik saat berdiskusi maupun saat menjawab pertanyaan melalui aplikasi digital. Hal ini menunjukkan keterlibatan peserta didik yang tinggi serta mendukung terciptanya pembelajaran yang menyenangkan.

Amanda, salah seorang siswi kelas VIIA menyampaikan kesannya setelah mengikuti pembelajaran, “Alhamdulillah pembelajaran Bahasa Arab hari ini menyenangkan. Kami tidak merasa kesulitan memahami materi yang disampaikan. Apalagi ketika games tadi sangat seru dan menegangkan. Meski kelompok kami tidak menang, tapi kami senang karena mendapat pengalaman baru, “papar Amanda.

Herni Sudartiningsih selaku asesor turut menyampaikan apresiasi atas kreativitas Citra Resmi dalam mengelola kelas. Ia menilai penggunaan variasi metode dan media digital mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sekaligus relevan dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21. Selain itu juga dilakukan refleksi untuk mengevaluasi jalannya pembelajaran dan perbaikan jika terdapat kekurangan.

Kegiatan supervisi akademik ini diharapkan dapat menjadi sarana evaluasi sekaligus inspirasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 9 Sleman, khususnya dalam pengembangan kompetensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Dengan demikian, mutu pendidikan di madrasah akan semakin meningkat dan mampu memberikan pengalaman belajar terbaik bagi para siswa. (CR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *