Guru Bahasa Arab MTsN 9 Sleman Hadiri MGMP Bahasa Arab MTs Kabupaten Sleman di MTs Ummul Quro

Kemenag Sleman News – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab MTs Kabupaten Sleman kembali menggelar pertemuan rutin pada Selasa (19/8/2025). Kegiatan ini bertempat di MTs Ummul Quro Sleman dan dimulai pukul 10.00 WIB. Acara dipandu oleh Ihsan, guru MTsN 1 Sleman yang bertugas sebagai pembawa acara. Acara ini diikuti seluruh guru Bahasa Arab jenjang MTs baik madrasah negeri dan swasta se-Kabupaten Sleman. Termasuk dua guru Bahasa Arab dari MTsN 9 Sleman yakni Elva Lutfiyati dan Citra Resmi.

Mengawali kegiatan, sambutan selamat datang disampaikan oleh shohibul bait yaitu Kepala MTs Ummul Quro, Farih. Dalam sambutannya, Farih menyampaikan apresiasi atas terpilihnya madrasah yang dipimpinnya sebagai tuan rumah kegiatan, sekaligus menegaskan pentingnya peran MGMP sebagai wadah silaturahmi, koordinasi, dan peningkatan kompetensi guru.

Selanjutnya, pendamping MGMP Bahasa Arab Kabupaten Sleman, Suwardi, memberikan sambutan sekaligus arahan. “Penting bagi guru Bahasa Arab untuk terus mengembangkan strategi pembelajaran yang relevan dengan kurikulum Merdeka dan pembelajaran deep learning, serta memperkuat kolaborasi dalam penyusunan perangkat ajar agar lebih adaptif terhadap kebutuhan peserta didik,” pesan Suwardi.

Acara inti berupa bedah Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Arab fase D dipandu oleh Patkurozaq dan Alistiatin Naimah. Dalam sesi ini, peserta bersama-sama mengkaji, menganalisis, serta mendiskusikan detail CP Bahasa Arab sehingga dapat dipahami secara komprehensif. Diskusi berlangsung interaktif, di mana para guru saling bertukar pengalaman, ide, dan strategi penerapan CP dalam pembelajaran di madrasah masing-masing.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama sebagai bentuk kebersamaan dan dokumentasi kegiatan MGMP. Melalui kegiatan ini, diharapkan guru Bahasa Arab MTs se-Kabupaten Sleman semakin solid dalam mengembangkan pembelajaran yang bermakna, adaptif, dan sesuai tuntutan zaman. Forum MGMP ini juga dapat menjadi sarana untuk bertukar pengalaman serta memperkaya strategi pengajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan Bahasa Arab di madrasah. (CR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *